28/08/13

Rythm Guitar


Rhythm atau mengenjreng gitar adalah cara untuk membunyikan semua atau sebagian senar gitar secara bersamaan sehingga menghasilkan pola bunyi yang enak di dengar atau enak untuk mengiringi sebuah lagu. Jenis rhythm tergantung daripada jenis lagu yang diiringi atau tempo lagu yang dimainkan. Rhythm gitar juga tergantung dari ketukan suatu lagu. Ketukan sebuah lagu ada beberapa jenis yang sering digunakan, diantaranya yaitu : 4/4,  3/4, dan yang lainnya. Dalam rhythm gitar, yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah angka pertama. Jika  maka yang harus diperhatikam angka 2.Angka 2 berarti dalam sebuah lagu biasanya satu kunci yang dimainkan, digenjreng sebanyak dua kali dalam mengiringi sebuah lagu. Jika angka 4/4, berarti dalam mengenjreng sebuah kunci biasanya adalah sebanyak 4 kali dalam memainkan sebuah kunci. Namun dalam 4/4 atau ketukan yang lain juga, sebuah kunci gitar dapat digenjreng hanya 2 kali atau bahkan 6 sampai 8 kali. Jadi, yang mempengaruhi cara kita mengenjreng gitar atau rhythm gitar adalah :
  • ·         Tempo sebuah lagu (lambat, sedang, cepat)
  • ·         Ketukan lagu tersebut (4/4, 3/4,  dll)
  • ·         Jenis lagu (pop, jazz, blues)
  • ·         Karakteristik lagu (sedih, senang, perenungan)

Ryhthm gitar yang akan dipelajari adalah rhythm gitar yang pada umumnya sering digunakan oleh pemain gitar dan masih tergolong mudah untuk dipelajari serta rhythm gitar yang akan dipelajari berdasarkan ketukan dari sebuah lagu agar lebih mudah untuk belajar rhyhm gitar. Ryhthm gitar terdiri atas dua gerakan dasar yaitu gerakan ke atas (memakai kuku jempol tangan) dan gerakan ke bawah (memakai kuku selain jempol). Rhythm gitar :
·         Untuk ketukan 4/4 :
Dalam satu ketukan dilakukan gerakan atas, bawah, atau atas bawah
  • Bawah                  -              Bawah                  -              Bawah                  -              Bawah
  • Bawah                  -              Atas                       -              Bawah                  -              Atas
  • Bawah                  -              BawahAtas         -              Atas                       -              AtasBawah
  • Bawah                 -              AtasAtasBawah                -              AtasAtas              -              Bawah
  • Bawah(Bass)      -              Bawah(Tremble)-            Bawah(Bass)      -              Bawah(Tremble)

·         Untuk ketukan 3/4 :
Dalam satu ketukan dilakukan gerakan atas, bawah, atau atas bawah
  • Bawah                -              Bawah                  -              Bawah
  • Bawah                -              Atas                       -              Bawah
  • Bawah                -              BawahAtas         -              Bawah
  • Bawah                -              AtasAtasBawah    -              AtasBawah
  • Bawah(Bass)      -              Bawah(Tremble)-            Bawah

ntuk menemukan rhythm gitar atau mengimprovisasi gitar diperlukan kreativitas dan ketelitian, sehingga rhythm gitar yang ditemukan dapat dipakai sesuai dengan lagu yang akan diiringin. Rhythm gitar juga dapat diambil dari lagu – lagu yang sudah popular untuk dimainkan kedalam lagu yang lain dikarenakan karakteristik dan tempo lagu tersebut hampir sama dengan lagu yang popular. Untuk menemunkan rhythm gitar ada cara – cara dasar yang dapat dilakukan, langkah – langkahnya adalah sebagau berikut :
·         Menutup semua senar gitar dengan tangan tangan sehingga senar tidak menghasilkan bunyi atau suara Mencoba mengenjreng gitar dengan pola tertentu dan senar masih ditutup, misalkan : Bawah – Bawah – Bawah – Bawah, atau Atas – Bawah – Atas – Bawah.
·         Tambahkan pada ketukan yang diinginkan gerakan mengenjreng yang lain atau bahkan mengurangi pola sehingga pada ketukan tertentu pemain gitar tidak melakukan apa – apa, misalkan :
o   Bawah – Bawah – Bawah – Bawah à Bawah – AtasBawah – AtasBawah – Bawah
o   Bawah – Bawah – Bawah – Bawah à Bawah – mute(diam) – AtasBawah – Bawah
·         Jika pola yang sudah dibentuk sudah enak untuk dimainkan dan enak untuk didengar (keadaan senar masih ditutup), maka cobalah untuk memainkan kunci gitar dengan pola rhythm yang sudah dibuat serta cobalah dengan running chord. Tentukanlah karakteristik dan tempo yang cocok dengan lagu yang sesuai dengan rhythm gitar yang sudah dibuat. Dan jadilah rhythm pribadi !
Yang harus diperhatikan dalam menemukan rhythm gitar yaitu ketukan. Ketukan merupakan dasar atau patokan bagi seorang pemain gitar untuk menentukan pola gitar apa yang akan dipakai dalam sebuah lagu. Jika rhythm gitar tidak sesuai dengan ketukan, maka rhythm tersebut tidak bisa dipakai dalam lagu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar